METODE SIMPLEX

Riset operasi atau sains manajemen merupakan aplikasi dari pendekatan multidisiplin atau ilmiah yang mengkonsentrasikan penyelesaian masalah-masalah manajerial dalam rangka membantu manajer untuk mengambil keputusan yang baik.
Pendekatan Operation Research yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah sebagai berikut:
1.        Observasi, yaitu langkah awal yang dilakukan, dimana manajer mengenali dan mempelajari masalah-masalah yang ada dalam organisasi atau sistem
2.        Definisi Masalah, yaitu bagaimana masalah yang muncul tadi dapat dijabarkan dan dtegaskan secara singkat dan jelas. Definisi masalah harus meliputi batasan-batasan masalah dan tingkatan dimana masalah tersebut menyangkut unit organisasi lainnya.
3.        Konstruksi model, yaitu bagaimana suatu masalah yang telah teridentifikasi tadi harus dibuatkan suatu model, yang di dalam sains manajemen merupakan bentuk penyajian yang ringkas dari situasi masalah yang sedang berjalan. Penyajian dari model ini bisa berupa grafik, diagram dan biasanya mencakup suatu paket hubungan matematis.
4.        Solusi, yaitu setelah model matematik disusun maka permasalahan yang dihadapi tadi dapat diselesaikan dengan teknik-teknik yang terdapat dalam sains manajemen.
5.        Implementasi, merupakan hal yang menjadi tujuan akhir dari riset operasi, dimana teknik dari manajemen sains tadi memberikan jawaban pemecahan masalah, dan selanjutnya dapat diinformasikan kepada manajer untuk membantu pembuatan keputusan. Dalam mengambil keputusan, manajer tidak harus terpaku pada pemecahan tadi saja, tetapi bisa menggunakan pertimbangan lebih lanjut.
Program linier adalah salah satu teknik/metode matematik dalam OperationResearch dalam menyelesaikan persoalan pengalokasian sumber-sumber daya yang terbatas di antara aktivitas yang bersaing dengan cara terbaik yang mungkin dilakukan untuk mencapai suatu tujuan seperti memaksimumkan keuntungan dan meminimumkan biaya. Pemrograman linier dapat diselesaikan dengan metode grafik dan metode simplex. Metode simplex merupakan metode yang digunakan untuk untuk mengatasi kelemahan pada metode grafik dimana pada metode simplex jumlah variabel yang digunakan bisa lebih dari 2 variabel. Metode simplex adalah prosedur algoritma yang digunakan untuk menghitung dan menyimpan banyak angka pada iterasi-iterasi yang sekarang dan untuk pengambilan keputusan pada iterasi berikutnya. Metode simplex secara eksplisit memakai manipulasi matriks maka masalah harus dinyatakan dalam notasi matriks. Maksud yang lebih jelas yaitu pada metode simplex model diubah ke dalam bentuk suatu tabel (matriks), kemudian dilakukan beberapa langkah matematis pada tabel tersebut. Langkah-langkah matematis ini pada dasarnya merupakan replikasi proses pemindahan dari suatu titik ke titik ekstrim batas solusi lainnya. Metode simplex bergerak dari satu solusi yang lebih baik sampai solusi yang terbaik didapatkan Model pemrograman linier ada 2 fungsi yaitu fungsi tujuan dan fungsi kendala (batasan). Semua kendala (batasan) dan fungsi tujuan dimasukan ke dalam tabel masukan dengan memasukkan koefisien setiap variabel, sebelum proses optimasi dilakukan. Optimasi ada 2 yaitu maksimasi dan minimasi sehingga pemakai harus terlebih dahulu memilih jenis optimasi yang diinginkan. Hasil akhir dari program ini adalah solusi optimal untuk setiap variabel batasan dan nilai optimal untuk fungsi sasaran.
Tahap paling awal yang diperhatikan dalam metode simplex ini adalah tiga tahap yang dilakukan pada linear programming yaitu
1.        Masalah harus dapat diidentifikasi sebagai sesuatu yang dapat diselesaikan dengan Linear Programming.
2.        Masalah yang tidak terstruktur harua dapat dirumuskan dalam model matematika, sehingga menjadi terstruktur.
3.        Model harus diselesaikan dengan teknik matematika yang dibuat
Tahap selanjutnya merupakan tahap teknis yang secara umum ada dalam program linier, sebagai berikut:
1.        Menentukan variabel keputusan, dimana maksud dari variabel keputusan ini merupakan simbol matematika yang menggambarkan tingkatan aktivitas perusahaan. Tahap ini sebenarnya untuk mempermudah dalam menggunakan metode matematik, dengan memutuskan memakai simbol matematik untuk hal yang ingin dihitung.
2.        Membuat fungsi tujuan, yang dimaksudkan dari fungsi tujuan ini adalah hubungan matematika linier yang menjelaskan tujuan perusahaan dalam terminologi variabel keputusan. Jadi setelah ditentukan variabel keputusan, kemudian digunakan dalam membuat fungsi (persamaan matematika) dari tujuan yang ingin dicapai perusahaan.
3.        Membuat batasan (kendala) model, dimana maksud dari fungsi batasan adalah hubungan linier dari variabel keputusan yang menunjukkan keterbatasan perusahaan dalam lingungan operasi perusahaan.
Dalam fungsi tujuan dan batasan model harus diberikan parameter, yaitu nilai numerik yang aktual dan biasanya merupakan koefisien dari variabel (simbol) dalam persamaan.
Langkah-langkah selanjutnya merupakan inti dari penyelesaian metode simplex, yaitu:
1.        Mengubah bentuk batasan model pertidakasamaan menjadi persamaan. Hal yang dilakukan bisa menggunakan variabel pengurang (slack variable), dimana ini digunakan untuk batasan kurang-dari-atau-sama-dengan (tanda “<” atau “<”) atau juga variabel penambah (surplus variable), dimana digunakan untuk batasan lebih-dari-atau-sama-dengan (tanda “>” atau “>”).
2.        Membentuk tabel awal untuk solusi fisibel dasar pada titik original dan menghitung nilai-nilai baris Zj dan Cj-Zj.
3.        Menentukan kolom pemutar (variabel non dasar yang masuk) dengan cara memilih kolom yang memiliki nilai positif tertinggi pada baris Cj-Zj.
4.        Menentukan baris pemutar (variabel dasar yang keluar) dengan cara membagi nilai pada kolom kuantitas dengan nilai-nilai pada kolom pemutar dan memilih baris dengan hasil bagi nonnegatif terkecil.
5.        Menhitung nilai baris pemutar yang baru dengan menggunkan formula:
Nilai Baris Pemutar Tabel Lama
Angka Pemutar
1.        Menghitung nilai baris lainnya dengan formula:
a.                        Menghitung baris-baris Zj dan Cj-Zj yang baru.
b.                       Menentukan apakah solusi telah optimal dengan mengecek baris Cj-Zj.
Jika semua nilai Cj-Zj nol atau negatif, maka solusi sudah optimal, Jika masih bernilai positif, dilakukan lagi mulai dari langkah ketiga dan seterusnya.
Dalam langkah pertama dari penyelesaian metode simplex, disebutkan bahwa pada batasan yang merupakan bentuk pertidaksamaan dibuat menjadi bentuk persamaan. Hal ini bisa digunakan dengan dua variabel yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu:
a) Variabel Pengurang (Slack Variable), merepresentasikan sumber daya yang mengganggur pada suatu fungsi kendala, variabel ini digunakan untuk ditambahkan dalam fungsi pertidaksamaan ≤, supaya dengan menambahkan variabel slack ini diperoleh solusi fisibel awal (initial feasible solution, sama dengan titik origin pada grafik).
b) Variabel Penambah (Surplus Variable), merepresentasikan kekurangan sumber daya pada suatu fungsi kendala, variabel digunakan untuk dikurangkan dalam fungsi pertidaksamaan ≥, supaya dengan menambahkan variabel surplus ini diperoleh solusi fisibel awal (initial feasible solution, sama dengan titik origin pada grafik).
Baik variabel slack maupun variabel surplus menggunakan simbol ‘s’. Untuk memperjelas variabel slack dan surplus dapat diberikan 2 contoh sebagai berikut:
1.        Minimumkan Z = 2 X1 + 5.5 X2
Kendala: X1 + X2 = 90
0.001X1 + 0.002X2 ≤ 0.9
0.09X+ 0.6X2 ≥ 27
0.02X1 + 0.06X2 ≤ 4.5
X1, X2 ≥ 0
Bentuk bakunya adalah:
Minimumkan Z = 2 X1 + 5.5 X2 + 0S+ 0S2 + 0S3 + 0S4
Terhadap:  X1 + X2 + S1 = 90
0.001X1 + 0.002X2 + S2 = 0.9
0.09X+ 0.6X2 – S3 = 27
0.02X1 + 0.06X2 + S4 = 4.5
X1, X2, S1, S2, S3, S4 ≥ 0

2.        Maksimumkan Z = 2X1 + 3X2
Kendala:  10X1 + 5X2 ≤  600
6X1 + 20X2 ≤  600
8X1 + 15X2 ≤  600
X1, X2 ≥ 0
Bentuk Baku:
Maksimumkan Z = 2X1 + 3X2 + 0S1 + 0S2 + 0S3
Terhadap: 10X1 + 5X2 + S1 = 600
6X1 + 20X2 + S2 = 600
8X1 + 15X2 + S3 = 600
X1, X2, S1, S2, S3 ≥ 0

CONTOH SOAL: KASUS MAKSIMISASI
Suatu perusahaan yang bergerak pada bidang furniture akan memproduksi meja dan kursi dengan harga per unit masing-masing $7 dan $5. Dalam mengerjakan 1 unit meja membutuhkan 4 jam proses pemahatan dan 2 jam pengecatan dan finishing. Sedangkan untuk mengerjakan 1 unit kursi membutuhkan 3 jam proses pemahatan dan 1 jam pengecatan dan finishing. Waktu yang tersedia pada proses pemahatan adalah minimal 240 jam, dan waktu untuk pengecatan dan finishing minimal 100 jam. Berapakah profit yang bisa didapatkan pada tingkat maksimum? Dan pada jumlah berapa unitkah yang akan diproduksi untuk mencapai profit maksimum?
Tahap-tahap penyelesaian:
1.        Menentukan variabel keputusan:
= jumlah unit meja yang diproduksi
= jumlah unit kursi yang diproduksi
2.        Formulasi Fungsi Tujuan dan Fungsi Kendala Dari Permasalahan PL
Maksimumkan:       7+ 5
Dengan kendala : 4 + 3 £  240
2 +  £  100
,  ³ 0
3.        Mengkonversi Bentuk Pertidaksamaan Dalam Fungsi Kendala Menjadi Bentuk Standar
Kendala I: 4  + 3  £  240
4  + 3 +  = 240
Jika == 0 (titik origin pada grafik) maka   = 240
Kendala II: 2 +  £  100
2 + +  = 100
Jika == 0 (titik origin pada grafik) maka  = 100
Dengan demikian, formulasi dalam bentuk standar dari permasalahan yang dibahas:
Maksimumkan:      7 + 5 + 0+ 0
Dengan kendala :  4 + 3+  + 0 = 240
2  ++ 0 +  =100
, ,  ³ 0

Membuat Table Simpleks Awal
TABEL 1
Cj
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
4
3
1
0
240
0
2
1
0
1
100
Zj
0
0
0
0
0
C- Zj
7
5
0
0
·                     Pada dasarnya, semua angka pada formulasi diplotting dalam tabel simpleks awal.
·                     Ada dua macam variabel: Variabel Basis (Basic Variable) dan Variabel Non Basis (Non Basic Variable).
·                     Cj menotasikan profit per unit (untuk permasalahan maksimisasi) dari masing-masing variabel dalam formulasi.
·                     Baris Zj berisikan angka gross profit (laba kotor). Untuk kolom j, Zj ditentukan dari jumlah perkalian antara profit per unit variabel basis dan angka pada kolom j.
·                     Baris C- Zj disebut baris net profit yang mengindikasikan besarnya net profit tambahan yang akan diperoleh jika variabel pada kolom menjadi variabel basis pada iterasi berikutnya.
d. Algoritma metode simpleks dengan mengaplikasikan lima langkah berikut ini:
·                     Langkah 1: menentukan variabel kolom yang akan masuk basis
Variabel kolom mana yang akan dipilih untuk menggantikan variabel basis pada iterasi berikutnya ditentukan berdasarkan nilai C- Zj terbesar (untuk problem maksimisasi). Selanjutnya, kolom terpilih disebut dengan kolom pivot.
Cj
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
4
3
1
0
240
0
2
1
0
1
100
Zj
0
0
0
0
0
C- Zj
7
5
0
0
·                     Langkah 2: menentukan variabel yang akan keluar basis
variabel basis yang akan keluar basis pada iterasi berikutnya didasarkan pada nilaireplace row antara Right Hand Side dan angka pada kolom pivot pada Langkah 1.
Baris variabel basis yang memiliki nilai replace row dengan angka nonnegatif (positif) terkecil dipilih sebagai baris yang akan digantikan. Baris variabel basis ini disebutbaris pivot.
Variabel Basis
RHS
Replace Row

4
240
240/4 = 60

2
100
100/2 = 50

Cj
Basic Variable
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
4
3
1
0
240
0
2
1
0
1
100
Zj
0
0
0
0
0
C- Zj
7
5
0
0
Angka pada perpotongan antara kolom pivot dan baris pivot disebut dengan angka pivot.
·                     Langkah 3: menentukan angka baru untuk baris pivot
Perhitungan angka baru untuk baris pivot pada iterasi berikutnya:  membagi setiap angka pada baris pivot dengan angka pivot
Keterangan
RHS
Angka Lama (1)
2
1
0
1
100
Angka Pivot (2)
2
2
2
2
2
Angka Baru Untuk Baris Pivot (1:2)
1
½
0
½
50
·                     Langkah 4: menentukan angka baru untuk baris lainnya
Perhitungan angka baru pada baris selain baris pivot pada iterasi berikutnya:
Nilai baris tabel baru = Nilai baris tabel lama – [(angka diatas atau dibawah angka pivot) × (angka baru baris pivot)]
Nilai Baris Tabel Lama
Angka diatas angka pivot
Angka baru baris pivot
Angka baru
4
-
( 4
1)
=
0
3
-
( 4
½)
=
1
1
-
( 4
0)
=
1
0
-
( 4
½)
=
-2
240
-
( 4
50)
=
40
·                     Langkah 5: menghitung Zj dan C- Zj dan mengevaluasi apakah tabel simpleks memberikan solusi optimal
Perhitungan Zj dan C- Zj dilakukan dengan cara yang telah digunakan sebelumnya. Pada problem maksimisasi, jika semua C- Zj bernilai nol atau negatif (atau C- Zj ≤ 0) maka solusi optimal telah tercapai. Sebaliknya, jika masih ada kolom dengan C- Zj ≥ 0 perhitungan masih harus dilanjutkan dan dimulai dari Langkah 1.
TABEL 2
Cj
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
0
1
1
-2
40
7
1
½
0
½
50
Zj
7
7/2
0
7/2
350
C- Zj
0
3/2
0
-7/2
Karena pada Tabel 2 nilai C- Zj tidak semua bernilai nol atau negatif, maka dilanjutkan kembali ke Langkah 1 dan seterusnya.
·                     Langkah 1: menentukan variabel kolom yang akan masuk basis berdasarkan nilai C- Zj terbesar (untuk problem maksimisasi). Selanjutnya, kolom terpilih disebut dengan kolom pivot.
Cj
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
0
1
1
-2
40
7
1
½
0
½
50
Zj
7
7/2
0
7/2
350
C- Zj
0
3/2
0
-7/2
·                     Langkah 2: menentukan variabel yang akan keluar basis
variabel basis yang akan keluar basis pada iterasi berikutnya didasarkan pada nilaireplace row antara Right Hand Side dan angka pada kolom pivot pada Langkah 1.
Baris variabel basis yang memiliki nilai replace row dengan angka nonnegatif (positif) terkecil dipilih sebagai baris yang akan digantikan. Baris variabel basis ini disebutbaris pivot.
Variabel Basis
RHS
Replace Row
1
40
40/1 = 40
½
50
50/(½) = 100
Cj
Basic Variable
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
0
1
1
-2
40
7
1
½
0
½
50
Zj
7
7/2
0
7/2
350
C- Zj
0
3/2
0
-7/2
Angka pada perpotongan antara kolom pivot dan baris pivot disebut dengan angka pivot.
·                     Langkah 3: menentukan angka baru untuk baris pivot
Perhitungan angka baru untuk baris pivot pada iterasi berikutnya:  membagi setiap angka pada baris pivot dengan angka pivot
Keterangan
RHS
Angka Lama (1)
0
1
1
-2
40
Angka Pivot (2)
1
1
1
1
1
Angka Baru Untuk Baris Pivot (1:2)
0
1
1
-2
40
·                     Langkah 4: menentukan angka baru untuk baris lainnya
Perhitungan angka baru pada baris selain baris pivot pada iterasi berikutnya:
Nilai baris tabel baru = Nilai baris tabel lama – [(angka diatas atau dibawah angka pivot) × (angka baru baris pivot)]
Nilai Baris Tabel Lama
Angka diatas angka pivot
Angka baru baris pivot
Angka baru
1
-
( ½
0 )
=
1
½
-
( ½
1 )
=
0
0
-
( ½
1 )
=
½
-
( ½
-2 )
=
3/2
50
-
( ½
40 )
=
30
·                     Langkah 5: menghitung Zj dan C- Zj dan mengevaluasi apakah tabel simpleks memberikan solusi optimal
Perhitungan Zj dan C- Zj dilakukan dengan cara yang telah digunakan sebelumnya. Pada problem maksimisasi, jika semua C- Zj bernilai nol atau negatif (atau C- Zj ≤ 0) maka solusi optimal telah tercapai. Sebaliknya, jika masih ada kolom dengan C- Zj ≥ 0 perhitungan masih harus dilanjutkan dan dimulai dari Langkah 1.
Karena pada tabel 3 nilai C- Zj semua bernilai nol atau negatif, maka diperoleh tabel yang memberikan solusi yang optimal.
Interpretasi Tabel Optimal
Cj
7
5
0
0
Right Hand Side
Basic Variable
0
0
1
1
-2
40
7
1
0
-1/2
3/2
30
Zj
7
5
3/2
1/2
410
C- Zj
0
0
-3/2
-1/2
Solusi Optimal
Interpretasi dari solusi optimal: fungsi tujuan akan optimal jika perusahaan memproduksi 30 unit meja dan 40 unit kursi dan besarnya total profit yang diperoleh dari aktivitas yang menghasilkan kombinasi meja-kursi tersebut adalah $410.


Komentar

  1. Je veux que vous sachiez tous qu'il existe un remède pour (l'herpès génital). J'ai vécu avec l'herpès pendant 2 ans et je n'ai pas pu obtenir mon traitement.J'ai essayé différents médecins et je n'ai pas pu me donner le remède, ils m'aident à le supprimer mais ce n'était pas ce que je voulais, je veux être exempt de ce virus était tout ce dont j'avais besoin d'eux. Il y a une semaine, mon ami m'a présenté ce grand herboriste appelé Dr Imoloa et m'a dit comment cet homme a guéri les gens de toutes sortes de maladies verrues génitales, hépatites B et c, VIH, cancer et me conseille de le contacter, souhaite Je l'ai fait, et il a répondu quelques minutes plus tard et m'a dit quoi faire pour que je puisse obtenir le médicament à base de plantes dès que possible. J'aimerais qu'il m'envoie via le service de messagerie DHL. Et il m'a dit comment prendre les médicaments si je voulais faire un suivi. Quelques semaines plus tard, le bouton de fièvre autour de ma bouche avait disparu lorsque je suis allé le confirmer si j'étais vraiment guéri, voici l'herpès génital qui me rongeait depuis 2 ans avait disparu avec le pouvoir de guérison à base de plantes que j'avais reçu du Dr. Imoloa. Ce grand homme a également guéri de toutes sortes de maladies incurables telles que la maladie d'Alzheimer, la maladie de Parkinson, le cancer du vagin, l'épilepsie, les troubles anxieux, les maladies auto-immunes, les maux de dos, les entorses du dos, les troubles bipolaires, les tumeurs cérébrales, les tumeurs malignes, le bruxisme, la boulimie, le disque cervical Maladie, maladie cardiovasculaire, néoplasmes, maladie respiratoire chronique, trouble mental et comportemental, fibrose kystique, hypertension, diabète, asthme, arthrite inflammatoire auto-immune ed. maladie rénale chronique, maladie inflammatoire des articulations, impuissance, spectre alcoolique feta, trouble dysthymique, eczéma, tuberculose, syndrome de fatigue chronique, constipation, maladie inflammatoire de l'intestin, maladie du lupus, ulcère buccal, cancer de la bouche, douleur corporelle, fièvre, hépatite ABC, syphilis, diarrhée, VIH / SIDA, maladie de Huntington, acné du dos, insuffisance rénale chronique, maladie d'Addison, douleur chronique, douleur de Crohn, fibrose kystique, fibromyalgie, maladie inflammatoire de l'intestin, maladie fongique des ongles, maladie de Lyme, maladie de Celia, lymphome, dépression majeure, maligne mélanome, manie, mélorhéostose, maladie de Ménière, mucopolysaccharidose, sclérose en plaques, dystrophie musculaire, polyarthrite rhumatoïde. Vous pouvez le joindre par e-mail via drimolaherbalmademedicine@gmail.com / whatsapp +2347081986098 Site Web-http / www.drimolaherbalmademedicine.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Je trouve quelque chose en phytothérapie bon à partager ici avec toute personne souffrant de la maladie comme le VIH, l'herpès, l'hépatite ou la maladie de Lyme chronique, la maladie de Parkinson, la schizophrénie, le cancer du poumon, le cancer du sein, le cancer colo-rectal, le cancer du sang, le cancer de la prostate , siva.Fatal Insomnie Familiale Facteur V Leiden Mutation, Épilepsie Maladie de Dupuytren, Tumeur Desmoplasique À Petites Cellules Rondes Diabète, Maladie Cœliaque, Maladie de Creutzfeldt-Jakob, Angiopathie Amyloïde Cérébrale, Ataxie, Arthrite, Scoliose Amyotrophique Latérale Latérale, Foribromyalgie ProgresS sclérose, crises d'épilepsie, maladie d'Alzheimer, carcinome corticosurrénalien, asthme, maladies allergiques, VIH, sida, herpès, copd, glaucome., Cataractes, dégénérescence maculaire, maladie cardiovasculaire, maladie pulmonaire, hypertrophie de la prostate, ostéoporose, maladie d'Alzheimer,
    Démence.
    Le lupus aussi.Le Dr Itua à base de plantes a fait guérir mon VIH et m'a donné l'espoir qu'il puisse guérir tous les types de maladies que je le croyais) Je fais de mon mieux que je peux faire, je suis allé pour un programme en Afrique de l'Ouest sur la mode sur un autre côté j'étais séropositif. Je marche dans un village voisin pour consulter notre programme, puis j'ai trouvé une signalisation indiquant le Dr Itua Herbal Center puis j'ai demandé à mes collègues ce qu'il en était de cet homme appelé Dr Itua, elle m'a dit qu'il était un phytothérapeute et qu'il pouvait tout guérir sorte de maladie je suis allé vers lui et je me suis expliqué à lui comme je suis un étrangleur là-bas, il m'a préparé des plantes médicinales et m'a dit comment le boire pendant deux semaines, quand j'arrive dans ma chambre d'hôtel, je le regarde alors dit une prière avant de la boire sans le savoir après deux semaines, je suis allé faire un test et j'ai découvert que j'étais négatif, je me suis précipité vers lui pour le payer plus mais il refuse et dit que je devrais partager ses œuvres pour moi dans le monde entier afin que les personnes malades puissent voir aussi. J'écris beaucoup sur lui cette saison, c'est ainsi que j'ai été guéri en buvant la phytothérapie du Dr Itua, c'est un homme attentionné avec un cœur pieux. Eh bien - tout ce que j'ai décidé est passé pour moi et comment vous allez traiter ce nouvel aspect de votre vie. Vous n'êtes pas obligé de souffrir seul et vous pouvez demander de l'aide. Il n'est pas nécessaire non plus que ce soit un démon constant, car vous apprendrez à connaître votre corps et vous-même d'une manière beaucoup plus profonde que la plupart des gens. Profitez-en, car cela vous aidera à apprécier Africa Herbal Made.
    Coordonnées du Dr Itua.
    Email ... drituaherbalcenter@gmail.com Numéro Whatsapp .... + 2348149277967

    BalasHapus
  3. What is a free bonus? | Casino Roll
    Free casino bonuses mean you have more options for your 잭팟 betting needs 위닉스사이트 and a bigger chance 다파벳 of winning more money at them. Here's what you need to 카운팅 know. How do 스포츠 분석 사이트 free bonus

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer