PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN LAYANG MENGGUNAKAN METODE SOSROBAHU

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang
          Pembangunan di kota besar seperti Jakarta atau kota-kota lainnya pasti sering menemui kesulitan. Diantaranya pada saat pembangunan suatu jalan layang. Dengan adanya pembangunan jalan layang, dapat dipastikan akan terjadi kemacetan dikarenakan tergangganggu lalu lintas disekitar tempat pekerjaan. 
          Ada beberapa upaya yang baik untum mengurangi kemacetan pada saat pekerjaan  pemasangan lengan pier head pada jalan layang. Seperti dengan menggunakan metode  sosrobahu, atau metode girder launcher.
          Diantara metode tersebut, metode sosrobahu merupakan metode yang paling tepat digunakan. Karena pengerjaannya tidak memerlukan banyak alat berat seperti hoise crane sehingga tidak mempersempit area pekerjaan. Sejarah dari sosrobahu sendiri yaitu tahun 1980-an, sebagai kontraktor pada saat itu PT. Hutama Karya mendapatkan cara untuk memecah masalah tersebut, namun permasalahan lainnya yakni bagaimana cara mengecor lengan atau pier head yang bila dilakukan dengan cara konvensional akan menyumbat jalan raya dibawahnya. Seorang insinyur yang bernama Ir. Tjokorda Raka Sukawati mengajukan gagasan dengan membuat sebuah jalan layang namun dengan metode sosrobahu. Teknologi tersebut digunakan pada pembangunan jalan layang Cawang hingga Tanjung Priok.

1.2     Rumusan Masalah
          1. Apa yang dimaksud dengan metode sosrobahu?
          2. Bagaimana prinsip kerja dan pelaksanaan metode sosrobahu?
          3. Mengapa menggunakan metode sosrobahu dalam pemecahan masalah?
          4. Apa keuntungan dari pengunaan metode sosorobahu?        

1.3     Tujuan
          1. Menjelaskan apa itu metode sosrobahu
          2. Mengetahui sejarah pembentukan metode sosrobahu
          3. Menjabarkan cara pengerjaan dari metode sosrobahu
          3. Mengetahui kelebihan dari penggunaan  metode sosrobahu

1.4     Batasan Masalah
          Adapun batasan masalah dalam penulisan kali ini bekaitan dengan bagaimana prinsip kerja serta pemilihan metode sosrobahu yang digunakan pada pembangunan jalan layang Cawang hingga Tanjung Priok.

1.5     Sistematika Penullisan
          Sistematika penulisan meliputi:
BAB 1 PENDAHULUAN

Berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, batasan masalah, serta sistematika penulisan.

Komentar

Postingan Populer