Budaya Kelulusan Di Negara Lain Seperti Apa yaa??

Kita semua pasti sering melihat kejadian dimana siswa terutama SMA yang telah menyelesaikan ujian nasionalnya seketika mencorat coret seragam mereka. Setelah itu mereka berkonvoi merayakan kelulusan. Lalu bagaimanan dengan Negara lain? Apakah sama seperti di Indonesia?





KOREA

Di Korea, pada bulan Februari merupakan bulan dimana diselenggarakannya upacara-upacara kelulusan di sekolah. Upacara kelulusan di Korea agak berbeda dengan upacara-upacara kelulusan kebanyakan sekolah di Indonesia. Upacara kelulusan ini bersifat formal dan jauh dari pesta hura-hura apalagi mencorat-coret seragam sekolah.

Acara yang unik dari kelulusan di Korea adalah Song-sa dan Dap-sa. Song-sa merupakan pidato berdurasi sekitar 5 menit oleh perwakilan adik-adik kelas. Isi pidatonya ialah kesedihan karena kepergian senior mereka yang lulus, janji untuk bertemu lagi, dan janji untuk terus melakukan yang terbaik setelah kakak kelas mereka lulus. Setelah itu baru Dap-sa, yaitu pidato yang diberikan oleh perwakilan yang lulus, biasanya berisi kesedihan karena meninggalkan sekolah, ucapan terimakasih terhadap guru dan orang tua, ucapan-ucapan perpisahan terhadap teman, serta harapan mereka akan kehidupan yang baru. Upacara kelulusan berakhir dengan menyanyikan lagu kelulusan yang cukup sedih, serta lagu sekolah. Kemudian setelah penutupan, dilakukan perpisahan dengan guru dan sahabat, serta berfoto bersama.

Ada pula hal unik lain yang berbeda dengan di Indonesia dimana ada budaya corat coret dan saling menandatangani seragam sekolah sebagai tanda berakhirnya menggunakan seragam. Di Korea, mereka biasanya saling melempar telur dan tepung setelah kelulusan.






JEPANG

Di Jepang, hal yang saat kelulusan adalah mengambil kancing seragam sekolah (Gakuran) cowok idola saat kelulusan sekolah adalah tradisi siswi di Jepang. Kancing gakuran yang letaknya paling dekat dengan hati adalah kancing yg diperebutkan oleh para siswi dan biasanya diambil duluan oleh pacar. Karena menandakan kedekatan hati dengan seseorang. Siswa yang kancing Gakurannya habis karna diambil siswi adalah siswa yang populer begitupun kebalikannya. Kancing tersebut boleh diambil atas ijin para siswa terlebih dahulu.







AMERIKA

Di Amerika sendiri biasanya mereka berfoto-foto merayakan kelulusan dengan menggunakan kostum aneh. Lalu para pelajar SMA di Amerika Serikat kerap menikmati minuman keras bersama teman-teman. Tradisi ini sudah biasa dilakukan oleh pelajar di sana. Tapi, latar belakang budaya dan sosial mereka yang memang bebas, membuat beberapa pelajar sudah cukup bertanggung jawab dan bisa mengontrol diri sendiri. Walau ada beberapa juga yang jadi kacau setelah minum-minum.

Yang tidak kalah serunya adalah pelajar di Amerika Serikat ketika lulus SMA akan mengenakan pakaian lengkap untuk kelulusan beserta toga yang kemudian dilempar bersama-sama di depan sekolah. Lalu, berfoto bersama sambil melempar toga. Ini tradisi yang wajib ada di setiap sekolah ketika lulus.




Image Source: Google Image

Komentar

Postingan Populer