Penggunaan Smartphone Di Kalangan Remaja

MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR

“PENGGUNAAN SMARTPHONE DI KALANGAN REMAJA”






DISUSUN OLEH:
SYREINA BESTARI UTAMI
KELAS: 1TA07
NPM: 16315792

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas Rahmat dan karunia-NYA saya bisa menyusun dan menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini merupakan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar yang berjudul “PENGGUNAAN SMARTPHONE DI KALANGAN REMAJA”.  Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada bapak Emiliansyah Banowo selaku dosen Ilmu Sosial Dasar yang telah memberikan  tugas
Makalah ini saya susun agar kita semua bisa mengetatahui bagaimana perkembangan serta penggunaan teknologi terutama pada telepon pintar atau sering disebut smartphone yang sangat lekat dengan remaja di era globalisasi seperti sekarang ini. Serta manfaat dari penggunaan dan tak lupa dampak dari penggunaan smartphone bagi generasi muda.
Demikian makalah ini saya buat, semoga makalah yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

 

 



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Smartphone
2.2 Penggunaan Smartphone Di Kalangan Remaja
2.3 Dampak Penggunaan Smartphone
2.4 Mengatasi Penggunaan Smartphone Secara Berlebih
BAB III
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat, termasuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut adalah berkembangnya teknologi telekomunikasi yaitu smartphone.
Saat ini telah berkembang handphone pintar yang disebut smartphone. Smartphone adalah  handphone pintar yang canggih yang mempunyai system operasi secanggih komputer. Smartphone menggunakan system operasi dari system operasi linux yang didesain khusus untuk handphone yang disebut dengan system operasi android. Smartphone mempunyai fitur yang sangat banyak dan lengkap, bukan hanya  dilengkapi dengan kamera, radio, game, pemutar musik, pemutar video seperti hanphone biasa, tetapi juga dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan internet.
Perkembangan teknologi telekomunikasi smartphone yang sangat canggih tersebut juga mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dikalangan masyarakat. Sekarang, bukan hanya kalangan orang bisnis saja yang me nggunakan teknologi canggih seperti smartphone tersebut, melainkan dari semua kalangan, dari kalangan umum bahkan sampai kalangan pelajar. Dari usia anak-anak, remaja, orang tua, bahkan orang manula dapat menggunakan handphone pintar yang disebut smartphone tersebut. Smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja seperti telepon dan sms, melainkan digunakan juga dalam kebutuhan sosial, pekerjaan, dan pendidikan.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan pokok pembicaraan diatas, rumusan masalah yang dapat kita rumuskan adalah sebagai berikut:
1.2.1 Apakah yang dimaksud dengan smartphone?
1.2.2 Bagaimana penggunaan smartphone bagi para remaja?
1.2.3 Apa saja dampak dari penggunaan smartphone
1.2.4 Bagaimana cara mengatasi penggunaan smartphone secara berlebih?

1.3  Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan agar kita mengetahui perkembangan teknologi terutama smarthphone serta penggunaannya di Indonesia, serta bisa lebih bijaksana dalam penggunaan smartphone.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Smartphone
Ponsel cerdas atau sering disebut  smartphone merupakan alat komunikasi yang menyediakan fitur yang berada diatas dan di luar kemampuan sederhana untuk membuat panggilan telepon. Sementara istilah dapat digunakan secara wajar untuk semua jenis telepon, smartphone biasanya dipahami sebagai ponsel dan bukan telepon rumah. Selama bertahun-tahun, konsep ponsel pintar terus berkembang sebagai perangkat tangan telah menjadi lebih canggih.
Sebelum secanggih sekarang ini, smartphone dulu hanya sering digunakan untuk menelpon  dan bermain game saja, tetapi seiring berkembangnya waktu akibat adanya modernisasi, kini smartphone bahkan sudah semakin canggih lagi. Dengan menambahkan fitur-fitur yang canggih seperti menambahkan system operasi hingga menambahkan kapasitas penyimpanan. Secara desainpun mulai berubah. Mulai dari yang tebal dan besar sekarang smartphone identik dengan desain layarnya yang lumayan besar dan tipis.(Gambar.1)
Gambar.1
Jadi smartphone bisa diartikan sebagai telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.

2.2 Penggunaan Smartphone Di Kalangan Remaja
 Dengan segala kecanggihan yang dimiliki smartphone, tidak sedikit masyarakat yang kagum dan ingin untuk memilikinya. Namun sekarang hampir semua masyarakat dari kalangan menengah kebawah hingga menengah keatas, dewasa maupun anak-anak telah memiliki smartphone.
Bagi kalangan remaja, smartphone sudah merupakan bagian dari kehidupannya. Bahkan tak sedikit juga remaja yang sampai ketergantungan terhadap smartphone. Itu semua bisa terjadi karena adanya pengaruh dari globalisasi. Globalisasi memberikan banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Remaja pada masa ini lah yang paling banyak terpengaruh, contohnya ketika seorang remaja melihat iklan smartphone terbaru di televisi yang menampilkan fitur-fitur pendukung yang canggih dan sangat tren saat ini membuat remaja tersebut menginginkan smartphone tersebut. Bukan karena untuk kebutuhan, melainkan menjadi gaya dan mengikuti perkembangan zaman.
dilakukan  Setelah hampir semua remaja memiliki smartphone, kini kembali kepada masing-masing individu. Untuk apa smartphone tersebut selain untuk berkomunikasi? Pasti kebanyakan akan menjawab untuk browsing dan menggunakan social media. Penggunaan yang seperti inilah yang paling banyak dikeluhkan oleh para orangtua. Tidak sedikit remaja yang setelah menggunakan smartphone ini mereka menjadi lupa waktu karena terlalu asik dengan smartphonenya. Bahkan terkadang ada yang sampai mengorbankan hal utama yang harusdemi menggunakan smartphone, contohnya sampai lupa mengerjakan tugas dan masih banyak lagi.(Gambar.2)
Gambar.2

2.3 Dampak Penggunaan Smartphone
Dengan penggunaan smartphone yang semakin marak di masyarakat terutama remaja, tentunya terdapat beberapa dampak d ari penggunaanya. Dampak negatifnya bisa membuat remaja yang kecanduanakan smartphone itu menjadi lupa waktu. Akibat dari lupa waktu itu menjadikan malas untuk belajar, malas untuk membantu orang tua, hingga menjadi orang yang anti sosial karena terlalu asik dengan smartphonenya dan menganggap bahwa tidak perlu bertemu dengan orang sekitar secara langsung tetapi  cukup dengan mengobrol lewat social media.
Tidak hanya itu, dampak lainnya bisa membuat kesehatan terganggu. Paparan sinar dari smartphone bisa membuat mata menjadi perih, merah ataupun berair. Mata lelah yang disebabkan terus menerus menatap layar smartphone akan memicu sakit kepala.   Menggunakan smartphone yang memudahkan kita untuk online nonstop maupun bermain games membuat tangan menjadi kaku bahkan kesemutan.
Namun diantara dampak yang merugikan, terdapat juga dampak yang menguntungkan seperti pengguna smartphone dapat mengetahui berita-berita serta informasi penting yang terdapat dibelahan dunia manapun. Dengan adanya smartphone, kita tidak perlu repot-repot untuk melihat peta, karena smartphone dapat digunakan sebagai alat navigator dan berkomunikasi secara mendunia atau lebih luas.

 
2.4 Mengatasi Penggunaan Smartphone Secara Berlebih
Penggunaan smartphone secara berlebihan juga dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan dan juga lingkungan. Untuk itu perlu adanya beberapa cara dalam mengatasi penggunaan smartphone agar tidak berlebih, seperti mengurangi pemakaian smartphone secara bertahap karena pemakaian secara terus-manerus bisa menjadikan remaja-remaja kuper atau kurang pergaulan.
Tahu tempat dalam penggunaannya. Sekarang ini remaja banyak yang menggunakannya di berbagai tempat, padahal penggunaan yang seperti itu dapat mengundang kejahatan. Lalu yang ketiga, gunakanlah smartphone dengan bijaksana. Smartphone memang sangat bermanfaat, tapi alangkah lebih baik untuk menggunakannya secara bijaksana sampai dalam taraf yang tidak mengganggu kehidupan pengguna.


 
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Perkembangan teknologi telekomunikasi smartphone di era globalisasi yang sangat canggih membuat remaja semakin sering menggunakannya. Sekarang, bukan hanya kalangan orang bisnis saja yang menggunakan teknologi canggih seperti smartphone tersebut, melainkan dari semua kalangan, dari kalangan umum bahkan sampai kalangan pelajar. Dari usia anak-anak, remaja, orang tua, bahkan orang manula dapat menggunakan smartphone tersebut. Smartphone pada kalangan remaja  sering digunakan tidak untuk berkomunikasi saja tapi bisa digunakan untuk bersosial media dan masih banyak lagi. Smartphone juga mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dikalangan masyarakat. Bila digunakan secara bijaksana maka smartphone sangat membantu dalam berkomunikasi. Tetapi masih banyak masyarakat yang utamanya adalah remaja yang tidak menggunakannya dengan bijak, melainkan mereka menggunakannnya untuk tujuan lain hingga bia menjadi ketergantungan terhadap smartphone.

3.2 Saran
Mengikuti perkembangan zaman dengan tekhnologi yang semakin canggih adalah salah satu kesenangan tersendiri khususnya bagi para remaja yang notabenenya senang mengeksplore segala hal terbaru yang menurut mereka sangat menarik. Entah hannya sekedar ikut-ikutan trend bahkan sampai menjaadi gaya hidup. Hal ini merupakan fenomena yang terjadi saat ini dimana era globalisasi berkembang begitu pesat dengan diciptakannya gadget canggih atau smartphone dengan fitur-fitur menarik seperti beberapa media sosial yang sedang digandrungi remaja seperti Path, twitter, instagram, facebook dll.
Ketika penggunaan gadget tak lagi seimbang sehingga banyak sekali dampak negatif yang dirasakan seperti efek kecanduan dan ketergantungan akan penggunaan gadget sehingga anak menjadi lebih malas dalam belajar. Disinilah peran orang tua sangat penting, dimana perhatian khusus harus diberikan pada sang buah hati agar jangan sampai terjerumus ke hal-hal negatif. Orang tua harus memberikan pengertian-pengertian bahwa bijaklah dalam penggunaan smartphone tersebut sehingga meminimalkan resiko buruk terjadi.


 
DAFTAR PUSTAKA




 

Komentar

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer