Penggunaan Onlineshop
MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR
“PENGGUNAAN
ONLINESHOP”
DISUSUN
OLEH:
SYREINA
BESTARI UTAMI
KELAS:
1TA07
NPM:
16315792
FAKULTAS
TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2015
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT. Atas Rahmat dan karunia-NYA saya bisa menyusun dan
menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini merupakan tugas mata kuliah
Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “PENGGUNAAN ONLINESHOP”. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada
bapak Emiliansyah Banowo selaku dosen Ilmu Sosial Dasar yang telah
memberikan tugas
Makalah
ini saya susun sebagai pengetahuan kita bersama bahwa dengan penggunaan
onlineshop ini juga membantu banyak masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Demikian
makalah ini saya buat, semoga makalah yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi
pembaca.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB
II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Diskriminasi
2.2
Kaitan Dengan Kemiskinan
2.3
Pemilihan Online Shop
BAB
III
3.1
Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman yang serba
modern dan digital seperti sekarang ini tentunya hampir semua masyarakat di
Indonesia dan di luar negeri juga pasti sudah menggunakan teknologi yang
semakin lama semakin canggih. Penggunaan teknologi seperti internet juga
membuat banyak sekali perubahan. Bahkan sampai membantu kemiskinan.
Contohnya seperti untuk
berbisnis, banyak masyarakat di Indonesia yang terjun di dunia perbisnisan
online yang sangat menguntungkan ini. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan
secara online. Dari baju, sepatu, tas,
komputer dan aksesorisnya, kosmetik sampai dengan perhiasan dan mobil, bisa
kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’
saja.
Didukung dengan
penggunaan internet yang semakin mudah dan murah, serta di dukung dengan
meningkatnya produktivitas Home Industry, usaha jual-beli ini di anggap sangat
menjanjikan.
Online Shop terhitung
mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup
hanya dengan website toko kita, foto produk serta akses internet untuk
menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
pokok pembicaraan diatas, rumusan masalah yang dapat kita rumuskan adalah
sebagai berikut
1.2.1 Apakah yang dimaksud dengan onlineshop ?
1.2.2 Bagaimana kaitannya dengan kemiskinan?
1.2.3 Mengapa banyak yang memilih online shop
sebagai media berbisnis?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan
makalah ini yaitu. Sebagai penambah pengetahuan kita bersama bahwa dengan
penggunaan onlineshop ini juga membantu banyak masyarakat untuk memerangi
kemiskinan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Online Shop
Belanja online/online
shop merupakan suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang
memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui
internet. Nama lain kegiatan tersebut adalah e-web-shop, e-shop, e-toko, toko
internet, web-shop, web-store, toko online, toko online dan toko virtual. Online
shop sangat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka
cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau handphone saja kita bisa
belanja tanpa harus keluar rumah.
Produk yang ditawarkan
juga berbagai macam mulai dari pakaian,
alat rumah tangga, tiket perjalanan, hingga barang besar seperti kendaraan pun
tersedia di Indonesia.
Hasil survey terakhir
(December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang
terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan
80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online
berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai
dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya
sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari
keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012) (
2.2
Kaitan Dengan Kemiskinan
Dengan semakin maraknya
penggunaan internet sebagai media bisnis bagi masyarakat, tentunya akan sedikit
menekan angka kemiskinan di Indonesia. Sebab banyak masyarakat yang sebelumnya
tidak bekerja atau menganggur bisa langsung terjun ke dunia online shop ini
dengan berbekalkan pengetahuannya tentang internet dan barang yang ingin dijual.
Sebagian besar penjual
yang menggunakan online shop ini juga pasti sudah mahir dalam menggunakan
kecanggihan teknologi sekarang seperti internet. Dengan ilmu yang mereka punya
maka mereka akan lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya sehingga bisa menghasilkan
pendapatan yang lebih.
Hasil survey transaksi
online tersebut lebih banyak dilakukan pada pebisnis berskala mikro keci, ini
berarti banyak dari masyarakat yang awalnya berbisnis kecil-kecil dengan toko sebagai
medianya sekarang mulai merambah untuk menggunakan online shop sebagai salah
satu media berbisnis mereka.
2.3
Pemilihan Online Shop
Dapat dibandingkan
disini antara berbisnis menggunakan
online shop dengan yang hanya menjual di took. Banyak plus dan minusnya
tersendiri, seperti jika kita menggunakan online shop, kita dapat mencakup
semua customer dari berbagai daerah tanpa harus kita menemuinya. Dengan begitu
maka kita akan mendapatkan keutungan yang lebih daripada kita menggunakan toko.
Kita hanya bisa terdiam di toko tersebut, tapi tidak bisa langsung lebih dekat
dengan pembeli di luar daerahnya.
Dari segi penjualannya
pun online shop lebih menjanjikan. Bisa dibilang banyak wiraswasta yang
akhirnya mendulang banyak keuntungan setelah berbisnis dengan media online
seperti ini. Itulah mengapa semakin banyaknya masyarakat yang memilih online
shop daripada harus membuka toko sendiri.
Masyarakat juga lebih membuka pikirannya bahwa
mencari uang dengan berbisnis tidak perlu susah payah lagi, hamya dengan
bermodalkan ilmu kita tentang teknologi ini saja sudah bisa mendapatkan
keuntungan yang besar. Hanya saja jika sudah terjun di dunia online ini
masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam menjajakan dagangannya kepada
konsumen agar banyak diminati.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Online
shop merupakan suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang
memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui
internet. Dengan adanya onlineshop dapat menekan angka kemiskinan di Indonesia
karena dengan cara yang cukup mudah hanya dengan bermodalkan pengetahuan kita
terhadap teknologi dan penggunaan internet kita bisa menggunakan onlineshop
sebagai media kita untuk berbisnis.
3.2 Saran
Dengan
semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan onlineshop ini maka akan semakin
sedikitnya angka pengangguran serta menekan angka kemiskinan. Itu semua berawal
dari ilmu yang kita miliki. Dengan ilmu yang kita miliki maka kita bisa
menggunakannya untuk berbisnis ataupun hal lain yang dapat menguntungkan bagi
diri sendiri. Untuk itu di zaman yang serba digital sekarang ini kita harus
lebih memanfaatkannya dengan baik agar bisa menguntungkan diri kita.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar