PENYUSUNAN ANGGARAN PERUSAHAAN DAN/ATAU ANGGARAN PROYEK PEMBANGUNAN


1         PENGERTIAN
Anggaran diartikan sebagai dana yang harus diterima maupun dikeluarkan oleh perusahaan. Rincian anggaran bisa didapatkan dari sebuah catatan neraca kas yang ada di perusahaan. Banyak pihak yang membutuhkan cara menyusun anggaran perusahaan yang benar untuk proses produksinya. Dengan membuat anggaran biaya, diharapkan semua proses berjalan sesuai dengan rencana termasuk urusan biaya. Biaya tidak akan membengkak dan jika ini berkaitan dengan investor, maka gambaran anggaran biaya yang transparan akan memudahkan dalam memahami proyek tersebut.
Tujuan pembuatan anggaran biaya ini dapat digunakan sebagai parameter untuk melakukan perencanan keuangan pada perusahaan atau proyek berikutnya. Serta dapat dijadikan alat acuan bagi otoritas keuangan dalam perusahaan tersebut.

2         PRINSIP PENYUSUNAN ANGGARAN
Proses penyusunan suatu anggaran berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut:
1.             Penentuan Pedoman Anggaran
Pedoman anggaran belanja perusahaan didasarkan pada anggaran belanja selama setahun yang telah dibuat dan dipersiapkan beberapa bulan sebelum anggaran tahun berikutnya. Dalam penyusunan ini dikenal manajemen puncak sebagai dasar dalam menyusun anggaran belanja. Kegiatan manajemen puncak antara lain penetapan rencana besar perusahaan sebagai dasar penyusunan anggaran belanja perusahaan. Rencana besar ini disusun layaknya tujuan, asumsi, dan juga kebaikan dari anggaran belanja yang dibuat.
2.             Persiapan Anggaran
Setelah aktivitas manajemen puncak, perusahaan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan anggaran.
3.             Penentuan Anggaran
tahapan dalam penentuan anggaran salah satunya dengan koordinasi dan penelaahan komponen anggaran belanja yang telah disusun
4.             Pelaksanaan Anggaran
Tahapan terakhir adalah pelaksanaan anggaran belanja perusahaan. Tahapan ini merupakan langkah kesekian kalinya dari penyusunan anggaran yang kemudian akan diputus dalam keputusan tunggal.
Masing-masing pengguna anggaran di tiap bagian perusahan akan mulai melaksanakan anggaran belanja sebagaimana yang telah disepakati dalam anggaran belanja perusahaan. Dalam hal ini tiap manajer akan mengawasi kemudian melaporkannya ke direksi apakah pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan yang disepakati sebelumnya atau tidak.


source: https://koinworks.com/blog/cara-membuat-anggaran-biaya-untuk-proyek-bisnis/

Komentar

Postingan Populer