Penggunaan Onlineshop

MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR

“PENGGUNAAN ONLINESHOP”





DISUSUN OLEH:
SYREINA BESTARI UTAMI
KELAS: 1TA07
NPM: 16315792

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas Rahmat dan karunia-NYA saya bisa menyusun dan menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini merupakan tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “PENGGUNAAN ONLINESHOP”.  Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada bapak Emiliansyah Banowo selaku dosen Ilmu Sosial Dasar yang telah memberikan  tugas
Makalah ini saya susun sebagai pengetahuan kita bersama bahwa dengan penggunaan onlineshop ini juga membantu banyak masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Demikian makalah ini saya buat, semoga makalah yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi pembaca.



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Diskriminasi
2.2 Kaitan Dengan Kemiskinan
2.3 Pemilihan Online Shop
BAB III
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di zaman yang serba modern dan digital seperti sekarang ini tentunya hampir semua masyarakat di Indonesia dan di luar negeri juga pasti sudah menggunakan teknologi yang semakin lama semakin canggih. Penggunaan teknologi seperti internet juga membuat banyak sekali perubahan. Bahkan sampai membantu kemiskinan.
Contohnya seperti untuk berbisnis, banyak masyarakat di Indonesia yang terjun di dunia perbisnisan online yang sangat menguntungkan ini. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu,  tas, komputer dan aksesorisnya, kosmetik sampai dengan perhiasan dan mobil, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Didukung dengan penggunaan internet yang semakin mudah dan murah, serta di dukung dengan meningkatnya produktivitas Home Industry, usaha jual-beli ini di anggap sangat menjanjikan.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup hanya dengan website toko kita, foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan pokok pembicaraan diatas, rumusan masalah yang dapat kita rumuskan adalah sebagai berikut
1.2.1    Apakah yang dimaksud dengan onlineshop ?
1.2.2    Bagaimana kaitannya dengan kemiskinan?
1.2.3    Mengapa banyak yang memilih online shop sebagai media berbisnis?

1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu. Sebagai penambah pengetahuan kita bersama bahwa dengan penggunaan onlineshop ini juga membantu banyak masyarakat untuk memerangi kemiskinan.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Online Shop
Belanja online/online shop merupakan suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. Nama lain kegiatan tersebut adalah e-web-shop, e-shop, e-toko, toko internet, web-shop, web-store, toko online, toko online dan toko virtual. Online shop sangat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau handphone saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah.
Produk yang ditawarkan juga berbagai macam mulai  dari pakaian, alat rumah tangga, tiket perjalanan, hingga barang besar seperti kendaraan pun tersedia di Indonesia.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012) (

2.2 Kaitan Dengan Kemiskinan
Dengan semakin maraknya penggunaan internet sebagai media bisnis bagi masyarakat, tentunya akan sedikit menekan angka kemiskinan di Indonesia. Sebab banyak masyarakat yang sebelumnya tidak bekerja atau menganggur bisa langsung terjun ke dunia online shop ini dengan berbekalkan pengetahuannya tentang internet dan barang yang ingin dijual.
Sebagian besar penjual yang menggunakan online shop ini juga pasti sudah mahir dalam menggunakan kecanggihan teknologi sekarang seperti internet. Dengan ilmu yang mereka punya maka mereka akan lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang lebih.
Hasil survey transaksi online tersebut lebih banyak dilakukan pada pebisnis berskala mikro keci, ini berarti banyak dari masyarakat yang awalnya berbisnis kecil-kecil dengan toko sebagai medianya sekarang mulai merambah untuk menggunakan online shop sebagai salah satu media berbisnis mereka.


2.3 Pemilihan Online Shop
Dapat dibandingkan disini antara  berbisnis menggunakan online shop dengan yang hanya menjual di took. Banyak plus dan minusnya tersendiri, seperti jika kita menggunakan online shop, kita dapat mencakup semua customer dari berbagai daerah tanpa harus kita menemuinya. Dengan begitu maka kita akan mendapatkan keutungan yang lebih daripada kita menggunakan toko. Kita hanya bisa terdiam di toko tersebut, tapi tidak bisa langsung lebih dekat dengan pembeli di luar daerahnya.
Dari segi penjualannya pun online shop lebih menjanjikan. Bisa dibilang banyak wiraswasta yang akhirnya mendulang banyak keuntungan setelah berbisnis dengan media online seperti ini. Itulah mengapa semakin banyaknya masyarakat yang memilih online shop daripada harus membuka toko sendiri.
Masyarakat juga lebih membuka pikirannya bahwa mencari uang dengan berbisnis tidak perlu susah payah lagi, hamya dengan bermodalkan ilmu kita tentang teknologi ini saja sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Hanya saja jika sudah terjun di dunia online ini masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam menjajakan dagangannya kepada konsumen agar banyak diminati.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Online shop merupakan suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. Dengan adanya onlineshop dapat menekan angka kemiskinan di Indonesia karena dengan cara yang cukup mudah hanya dengan bermodalkan pengetahuan kita terhadap teknologi dan penggunaan internet kita bisa menggunakan onlineshop sebagai media kita untuk berbisnis.

3.2 Saran
Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan onlineshop ini maka akan semakin sedikitnya angka pengangguran serta menekan angka kemiskinan. Itu semua berawal dari ilmu yang kita miliki. Dengan ilmu yang kita miliki maka kita bisa menggunakannya untuk berbisnis ataupun hal lain yang dapat menguntungkan bagi diri sendiri. Untuk itu di zaman yang serba digital sekarang ini kita harus lebih memanfaatkannya dengan baik agar bisa menguntungkan diri kita.




DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan Populer