Sharing: "PTS atau PTN ya??"

Hai~
Kali ini saya mau sharing sedikit sekalian ngasih tips buat yang kira-kira masih galau mau nentuin masuk PTN (perguruan tinggi negeri) atau PTS (perguruan tinggi swasta).

Buat yang sekarang kelas 12 atau kelas 3 SMA pasti udah pada punya cita-cita dong buat ngelanjutin kuliah ke kampus impian masing-masing. Nah pasti rata-rata mau banget masuk di PTN. Saya mau sharing sedikit buat yang mau masuk PTN.


Kalau kalian mau banget masuk PTN manapun apalagi yang terfavorit di Indonesia, kalian harus nyiapin semuanya sejak dini, mulai dari nilai, trus cari tau Universitasnya kaya gimana, jurusannya yang kalian mau pelajarin apa aja, dll. Paling ngga kalian bisa mulai persiapannya dari kelas 10. Kenapa? Soalnya kalau mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) atau jalur undangan itu kita harus bisa mempertahankan nilai kita pas SMA mulai dari kelas10 semester 1 sampe kelas 12 semester 1. Nilainya progressnya harus naik terus jangan sampe ada yang turun. Paling mepet itu pun nilainya tetap. Kalau udah tau minatnya dimana, bisa kalian cari-cari info tentang jurusan yang kalian mau dan jangan sampe salah milih jurusan. Bisa juga sharing atau nanya-nanya sama guru BK di sekolah.

Untuk pemilihan Univ.pas SNMPTN itu usahain konsul ke guru dan orang tua. Yang paling penting sih orang tua ya, jangan sampe pas kita udah milih dan masuk di PTN yang kita mau tapi orang tua ngga ngijinin dengan alasan jarak, atau uang atau apapun jadinya ngga diambil PTNnya. Sayang banget itu, padahal kalau gitu dampaknya bisa ke adek kelas yang bisa aja kuota buat masuk di PTN itu dikurangi. Sesuaiin juga sama keadaan ekonomi orang tua. Bisa juga kalian mengajukan Bidikmisi. Untuk bidikmisi ini sih saya kurang paham gimana, tapi setau saya kalau bidikmisi ini semacem beasiswa di perguruan tinggi jadi kalau kuliah kalian ngga perlu biaya dan udah dibiayain. Kalau ngga salah sih seperti itu. Tapi ngga semua bisa dapet bidikmisi hanya orang-orang tertentu aja.

Jalur kedua masuk PTN bisa lewat jalur SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) itu kalian ikut tes. Ada pilihannya mau ikut yang Saintek, Soshum, atau IPC (campuran). Kalau pilihnya Saintek ada soal Saintek, TKPA (potensi akademik), TKD (bahasa Indonesia & Inggris), kalau yang Soshum sama tapi kalian ngerjainnya soal Soshum, bukan soal saintek. Nah kalo yang IPC itu kalian ngerjain semuanya mulai dari Saintek, Soshum, TKPA, sama TKD. Waktunya lebih lama IPC daripada Saintek sama Soshum. Sesuaiin sama jurusan yang kalian mau dan minatin ya. Jangan pernah nekat nyoba di jurusan yang selain kalian minatin, contohnya kaya saya yang jelas-jelas waktu SMA jurusannya IPA tapi pas SBMPTN nyobanya IPC karna nekat. Itu bisa dibilang salah banget soalnya basic IPS saya masih kurang untuk soal-soal semacam SBMPTN ini. Bisa aja kalian nyoba IPC kalau kalian yakin bisa dan mampu. Intinya sesuaikan sama kemampuan kalian. Soal SBMPTN itu ngga kaya soal UN. Di SBMPTN itu sistemnya setiap soal yang benardapet poin 4, jawaban salah poinnya -1, dan jawaban kosong poinnya 0. Jadi kalo ragu-ragu sama jawabannya buat nyari aman mendingan di kosongin aja. Soal SBM ini ngga harus semuanya dijawab tapi banyak-anyakan ngumpulin poin.

Jalur ketiga itu Jalur mandiri atau ujian mandiri ini tes yang diadain sama PTN masing-masing, bedanya sama SBMPTN ini kalao SBMPTN itu yang menyelenggarakan pemerintah tapi kalau ujian mandiri ini yang nyelenggarain itu masing-masing Univ. ngga semua Univ ngadain ujian mandiri. Saran saya sih ya kalau kalian mau nyoba SBMPTN & ujian mandiri itu saat SBMPTN pilih PTN yang kalian mau tapi mereka ngga nyelenggarain ujian mandiri. Sistemnya masih sama seperti SBMPTN kok.

Gimana nih kalau misalkan gamasuk PTN? masuk ke PTS pun ngga masalah. Buat yang mau masuk PTS ngga usah berkecil hati. Kuliah dimana aja yang penting itu bagaimana nanti kita menerima ilmunya. Menurut saya PTN sama PTS sama aja, yang membedakan paling cuma dari segi fasilitas, dosen, sama administrasinya aja. Banyak yang bilang kalau PTS itu ngga sebagus PTN, tapi ngga juga ko. Semuanya sama, itu kembali lagi sama diri masing-masing.

Banyak keuntungan sama kerugiannya sih kalau masuk PTS atau PTN, kalau keuntungan di PTN sih udah pasti ya jadi kebanggaan diri sendiri, kalo lagi wawancara pekerjaan bisa lebih mudah katanya, biaya juga ngga terlalu besar dibandingkan di PTS. Jadi mau masuk PTS atau PTN sama aja yang penting ilmunya yang didapet nanti bisa terus terpakai.


Mungkin segitu aja kali ya sharing dari saya semoga bermanfaat ya, Terima kasih~

Komentar

Postingan Populer