Seismic Rubber Bearing Pada LRT JABODEBEK (Universitas Gunadarma Review)


Negara Indonesia ini termasuk negara yang sering terkena bencana alam yang salah satunya itu gempa bumi, ini karena Negara Indonesia jadi pusat pertemuan lempeng bumi. Pengaruhnya bisa bikin banyak struktur bangunan jadi rusak. Buat mengurangi resiko bangunan rusak karena gempa, caranya bisa menggunakan salah satu teknologi tahan gempa yaitu seismc rubber bearing pad atau bantalan karet tahan gempa.
Sumber gambar: techstar-inc
Pada bangunan biasa, bantalan karet ini dipasang di antar pondasi sama bangunannya. Fungsi karetnya sendiri buat mengurangi getaran gempa, sedangkan bajanya buat menambah kekuatan batalan karetnya. Jadi ketika ada gempa maka bangunannya ngga mengalami penurunan terlalu besar. Perlu diingat, teknologi bantalan ini dibuat BUKAN  untuk memperkuat bangunannya, tapi untuk mereduksi gaya gempa yang terjadi di bangunan itu.

Sumber Gambar: bridgebearing
Bantalan yang dipakai pada bangunan bisa mengurangi reaksi sampai 70% karena sifat flesibilitas karet itu sendiri bisa menyerap energi dari gempanya itu.
Bantalan ini juga biasa dipakai di gedung bertingkat, rumah tinggal, jembatan, dan masih banyak lagi.
Buat lebih jelasnya mengenai seismic bearing, bisa dilihat di video dibawah ini

Contoh penerapannya di Indonesia ini ada di proyek yang lagi rame-ramenya diberitain dan ditunggu-tunggu sama masyarakat Indonesia. Yup, proyek LRT atau Light Rail Transit. Seismic bearing ini dipakai buat meredam gaya pada keretanya dan menahan getaran supaya kalau terjadi gempa tidak terlalu besar getaranya di bangunan LRT ini. Menurut berita yang beredar, konstruksi LRT ini bisa menahan gempa sampa 8 skala Richter. Beritanya bisa dilihat disini

Seismic Bearing yang ada di LRT ini juga banyak jenisnya, ada Pad Bearing, Elastomeric Bearing Pad, sama LRB (Lead Rubber Bearing). Tiga jenis seismic bearing yang tadi disebutkan, dipaang di tempat yang berbeda-beda pada LRT. Contohnya Pad Bearing dipasang di Long Span Bridge. Elastometric Bearing  dipasang di Girger Concos Stasion. Nah kalau LRB dipasang di U-Shape Girder. Untuk pemasangan LRB di U-shaped girder disini caranya, setelah U-shaped girder dinaikkan ke atas pierhead selanjutnya baru direkatkan dengan menggunakan LRB. Teknisnya disini antara pierhead  sama U-shaped udah dikasih tempat buat merekatkan ketiganya. Kalau sudah menyatu ketiga komponennya tadi, barulah di cor.

Sumber: MediumKurniafisika, lrtjabodebek I, lrtjabodebek II

Nama: Syreina Bestari Utami
NPM: 16315792
Dosen: I Kadek Bagus Widana Putra


Komentar

Postingan Populer