Seismic Rubber Bearing Pada LRT JABODEBEK (Universitas Gunadarma Review)
Negara Indonesia ini termasuk negara
yang sering terkena bencana alam yang salah satunya itu gempa bumi, ini karena Negara
Indonesia jadi pusat pertemuan lempeng bumi. Pengaruhnya bisa bikin banyak
struktur bangunan jadi rusak. Buat mengurangi resiko bangunan rusak karena
gempa, caranya bisa menggunakan salah satu teknologi tahan gempa yaitu seismc rubber bearing pad atau bantalan
karet tahan gempa.
Sumber gambar: techstar-inc
Pada bangunan biasa, bantalan karet
ini dipasang di antar pondasi sama bangunannya. Fungsi karetnya sendiri buat
mengurangi getaran gempa, sedangkan bajanya buat menambah kekuatan batalan
karetnya. Jadi ketika ada gempa maka bangunannya ngga mengalami penurunan terlalu
besar. Perlu diingat, teknologi bantalan ini dibuat BUKAN untuk memperkuat bangunannya, tapi untuk
mereduksi gaya gempa yang terjadi di bangunan itu.
Bantalan yang dipakai pada
bangunan bisa mengurangi reaksi sampai 70% karena sifat flesibilitas karet itu
sendiri bisa menyerap energi dari gempanya itu.
Bantalan ini juga biasa dipakai
di gedung bertingkat, rumah tinggal, jembatan, dan masih banyak lagi.
Buat lebih jelasnya mengenai seismic
bearing, bisa dilihat di video dibawah ini
Contoh penerapannya di Indonesia
ini ada di proyek yang lagi rame-ramenya diberitain dan ditunggu-tunggu sama
masyarakat Indonesia. Yup, proyek LRT atau Light
Rail Transit. Seismic bearing ini
dipakai buat meredam gaya pada keretanya dan menahan getaran supaya kalau
terjadi gempa tidak terlalu besar getaranya di bangunan LRT ini. Menurut berita
yang beredar, konstruksi LRT ini bisa menahan gempa sampa 8 skala Richter. Beritanya
bisa dilihat disini
Seismic Bearing yang ada di LRT ini juga banyak jenisnya, ada Pad Bearing, Elastomeric Bearing Pad, sama
LRB (Lead Rubber Bearing). Tiga jenis
seismic bearing yang tadi disebutkan,
dipaang di tempat yang berbeda-beda pada LRT. Contohnya Pad Bearing dipasang di Long
Span Bridge. Elastometric Bearing dipasang di Girger Concos Stasion. Nah kalau LRB dipasang di U-Shape Girder. Untuk
pemasangan LRB di U-shaped girder disini caranya, setelah U-shaped girder
dinaikkan ke atas pierhead
selanjutnya baru direkatkan dengan menggunakan LRB. Teknisnya disini antara pierhead sama U-shaped udah dikasih tempat buat
merekatkan ketiganya. Kalau sudah menyatu ketiga komponennya tadi, barulah di
cor.
Sumber: Medium, Kurniafisika, lrtjabodebek I, lrtjabodebek II
Nama: Syreina Bestari UtamiSumber: Medium, Kurniafisika, lrtjabodebek I, lrtjabodebek II
NPM: 16315792
Dosen: I Kadek Bagus Widana Putra
Komentar
Posting Komentar